Manfaat Buah Timun Bagi Kesehatan, Layaknya Buah Semangka Lho

Manfaat Buah Timun Bagi Kesehatan, Layaknya Buah Semangka Lho

Baca Juga


Mentimun adalah jenis sayuran yang familiar di Indonesia. Mentimun dapat dengan mudah kamu temui di menu lalapan yang menyediakan mentimun sebagai pendampingnya. Selain itu, mentimun juga bisa kamu olah menjadi es mentimun yang menyegarkan tenggorokan di tengah cuaca yang panas.

Ketimun merupakan jenis sayuran yang masuk ke dalam keluarga tanaman seperti labu  dan semangka (keluarga Cucurbitaceae). Kandungan air pada sayuran mentimun sama seperti yang ada pada manfaat semangka, yaitu sebagian besar terdiri dari (95 persen) air, yang berarti mengkonsumsi ketimun pada hari musim panas, dapat membantu tubuh tetap terhidrasi.

Di Indonesia sendiri, ketimun banyak dikonsumsi sebagai bahan makanan yang tidak melalui proses pemanasan (di makan mentah), seperti rujak atau lalapan. Banyak mengkonsumsi ketimun, dapat memberikan khasiat yang baik bagi tubuh. Inilah beberapa manfaat ketimun yang baik untuk tubuh kita.

BACA JUGA : Buah Kecil Nan Manis Ini Kaya Akan Nutrisi yang Baik Bagi Tubuh Loh! Inilah 5 Manfaat yang Ada Pada Buah Kelengkeng

1. Menghilangkan racun


Mentimun kaya akan air dan berbagai nutrisi penting yang membantu untuk memperlancar proses detoksifikasi dalam tubuh.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan


Makan mentimun tiap hari sangat mendukung kesehatan pencernaan sebab mentimun kaya serat, kandungan air, serta mendukung sistem metabolisme tubuh.

3. Menyingkirkan bau mulut


Kamu menderita dengan bau mulut? Rajinlah untuk makan mentimun sebab sifat anti bakteri dalam mentimun mampu membunuh bakteri dalam mulut dan menyegarkan napas.

4. Mengurangi risiko kanker


Menurut penelitian, mentimun memiliki sifat anti kanker sehingga mampu menghindarkanmu dari penyakit kanker.

5. Menjaga kesehatan ginjal


Karena rutin makan mentimun bermanfaat untuk menyingkirkan segala macam racun dari dalam tubuh, maka kesehatan ginjal pun akan terjaga.

6. Melindungi Otak


Di dalam ketimun terdapat sejumlah zat yang bernama flavanol (fisetin), yang memiliki manfaat dalam peningkatan memori dan melindungi sel-sel saraf, dari penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia. Pada penelitian yang dilakukan oleh tikus, senyawa fisetin ini memberikan perlindungan secara progresif terhadap gangguan Alzheimer.

7. Menjaga asupan air bagi tubuh


Ketimun mengandung 96% kadar air yang lebih baik dibanding air biasa. Memekan ketimun, dapat menghindarkan diri dari dehidrasi dan tentunya membantu menetralkan toksin dalam tubuh.

8. Menyehatkan Jantung


Kandungan dalam jus mentimun berupa kalium seperti pada manfaat pisang, juga magnesium dan serat yang sangat baik dikonsumsi bagi penderita darah tinggi atau pun rendah. Keseimbangan kalium di dalam maupun di luar sel-sel sangat penting bagi tubuh, untuk mengontrol keadaan tekanan darah dalam tubuh.

Sebagai elektrolit, kalium adalah ion yang memiliki muatan positif yang harus dipertahankan dalam konsentrasi tertentu (sekitar 30 kali lebih tinggi dalam daripada di luar sel) dalam rangka melaksanakan fungsinya. Hal ini meliputi interaksi zat terhadap sodium, untuk membantu transmisi impuls kontrol saraf, kontraksi otot, dan fungsi jantung.

9. Baik untuk kesehatan gigi dan gusi


Mengunyah mentimun dapat merangsang kelenjar air liur untuk memproduksi lebih banyak dan dapat mengurangi zat asam pada rongga mulut serta bekteri yang tumbuh di dalamnya. Penyakit gusi lain seperti pyorrea secara efektif dapat diobati oleh ketimun.

10. Menjaga Berat Badan yang Sehat


Ketimun sangat rendah kalori, yang bekerja seperti manfaat apel untuk diet. Membuat camilan dengan mengisi satu cangkir mentimun, hanya mengandung 16 kalori. Serat larut dalam mentimun bertekstur seperti gel dalam usus, yang membantu untuk memperlambat pencernaan. Perut akan merasa kenyang lebih lama dan inilah yang merupakan salah satu alasan, mengapa makanan kaya serat dapat membantu mengontrol berat badan.

11. Mengurangi lingkaran hitam pada mata


Manfaat ketimun pada kandungan zat silika pada timun dapat membantu peremajaan kulit sekitar mata. Cukup kompres saja dengan potongan ketimun pada mata.

BACA JUGA : Jangan Remehkan Buah Imut Ini. Selain Manis Juga Menyimpan Berjuta Manfaat Terutama Bagi Kecantikan

12. Mengurangi bintik hitam


Parutan ketimun yang dibaluri ke daerah wajah dan leher, dipercaya mampu mengurangi bintik-bintik hitam akibat paparan matahari. Hal ini karena timun dapat digunakan sebagai tonik alami.

13. Mencegah kerutan pada kulit


Manfaat ketimun memberikan rasa kesegaran yang alami bagi kulit, karena sifatnya yang mengandung air sehingga baik untuk membersihkan wajah dan melembabkan kulit. Potongan timun cukup di tempelkan pada kulit secara rutin.

Sebagian besar makanan alami memang memberikan manfaat sejumlah nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti ketimun ini. Konsumsi setiap ragam jenis buah dan sayur untuk mencukupi setiap kebutuhan nutrisi tubuh.

Related Posts

Manfaat Buah Timun Bagi Kesehatan, Layaknya Buah Semangka Lho
4/ 5
Oleh